Minggu, 02 Desember 2018

Cara Exsport Dan Import Data Barang Dari Excel Ke Sid Retail Pro


Cara Exsport Dan Import Data Barang Dari Excel Ke Sid Retail Pro

Dalam melakukan pengimputan data barang pada software retail pro bukanlah hal yang sulit,tapi bagaiman kalau barang yang di imput terlalu banyak dan bahkan puluhan ribu item barang,tentu saja hal semacam ini akan membuat anda kewalahan dan membutuhkan waktu yang cukup lama,bahkan bisa sampai berminggu-minggu,namun sekarang anda tidak perlu kwatir,kalau data barang anda ada di file Excel,sekarang anda bisa mengimport data barang yang ada di excel tersebut ke sid retail pro dengan mudah dan cepat,dan begitu juga sebaliknya kalau anda ingin menyimpan atau mengexsport data barang yang ada di Sid Retail Pro dalam bentuk file Excel anda juga bisa melakukannya

Sekarang mari kita bahas satu persatu,untuk yang bertama kita akan membahas cara Import data barang dari Excel Ke Sid Retail pro

CARA IMPORT DATA BARANG DARI EXCEL KE SID RETAIL PRO

Siapkan  terlebih dahulu file data barang Microsoft Exel yang akan di import. Minimal kolom kolom yang dibutuhkan adalah kode barang, nama barang, harga beli, harga jual,Satuan beli,Satuan jual dan stok, jika file excel yang akan di import sudah ada lanjutkan ke langkah berikut.

Buka SID Retail Pro log in.













Masuk ke menu Master - Barang maka akan muncul tampilan master barang bawaan instalasi program. Seperti gambar berikut :

















Hapus data barang bawaan instalasi dengan cara klik kanan – hapus semua, tetapi jika barangnya ingin dipakai tidak usah dihapus.















Lanjutkan dengan klik kanan pada Master Barang - Exel File - import from XLS . seperti gambar berikut :















Cari file excel data barang yang telah dipersiapkan sebelumnya dan didouble klik atau klik file excel dan klik open














Selanjutnya pada tampilan Import Data From XLS Klik Setting Kolom sesuaikan nama nama kolom di master barang yang ada di file excel dengan database program, kode barang di set ke KODE_BARANG, kode barcode di set ke KODE_BARCODE, nama barang di set ke NAMA, harga beli di set ke HPP, harga jual di set ke HARGA_TOKO_1,  supplier di set ke SUPPLIER, stok di set ke TOKO, setelah selesai di setting, Klik OK Seperti gambar berikut :















Kemudian klik PROSES IMPORT dan tunggu sampai selesai, jika sudah selesai maka data barang yang ada di file excel akan otomatis masuk ke program. Jika ditemukan komentar “error eksekusi beberapa file …” kemungkinan di data excel ada kode barang yang sama atau format kode barang salah, karena di kode dan nama barang tidak dizinkan pakai tanda.


CARA EXSPORT DATA BARANG DARI SID RETAIL PRO KE EXCEL

klik Master > klik Barang






Kemudian klik Kanan pada Grid > pilih Excels File > pilih Export To XLS















Kemudian muncul form seperti gambar di bawah ini, pilih di mana lokasi tempat Anda menyimpan filenya, silahkan ketik File Name > klik Save, kemudian akan keluar gambar, klik OK.















Maka secara otomatis file data barang terbuka dengan sendirinya menjadi file berformat Microsoft Excel.














Data Barang telah tersimpan dalam file berformat Microsoft Excel. "File excel akan menjadi file Excel 97-2003"










gunakan file "Excel  97-2003" 
 
caranya:
setelah membuat data barang dalam file excel,  save as data tersebut menjadi file "Excel  97-2003"

























Sekian penjelasan tutorial dari software-id.com tentang cara Setting Export Dan Import Data Barang Menjadi File Microsoft Excel dalam penggunaan SID Retail Pro / Software Minimarket.
Untuk lebih jelasnya silakan lihat pada video berikut ini:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keunggulan Aplikasi Toko SID

Keunggulan Aplikasi Toko SID Aplikasi Toko merupakan sebuah program kasir yang dirancang untuk membantu para pengusaha toko retail dalam m...